Air Terjun Pacet

Air Terjun Pacet MOJOKERTO
Jawa Timur
            Hm, jika kalian pernah ke Batu lewat Pacet melalui Taman Hutan Rakyat R. Soerjo (baca: Suryo) maka sebelum gerbang Tahura di Pacet, kita bisa menemukan sebuah air terjun kecil di tepi jalan, tepatnya di Desa Sendi, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.
Menuju ke Air Terjun Pacet
            Untuk kemari, sayangnya tak ada kendaraan umum. Dari Mojokerto bisa langsung mengarahkan kendaraan ke Pacet dan tinggal mengikuti papan petunjuk ke arah Batu. Bagi wisatawan yang tak membawa kendaraan sendiri, dari Terminal Pacet bisa naik ojek dengan biaya Rp 20.000 – Rp 30.000 harga yang lumayan mahal. Kondisi jalan dari Pacet ke Sendi penuh dengan tanjakan, pastikan kendaraan dalam kondisi prima.
            Jika dari arah Malang, arahkan kendaraan ke arah Cangar, dari sini jalanan penuh tanjakan dan turunan, tapi tidak
semenanjak dari Pacet ke Batu. Jalanan relatif bagus dengan aspal yang lumayan mulus.
Warung – Warung Makanan
            Kawasan Wisata Sendi Pacet ini memiliki beberapa tempat wisata seperti Bumi Perkemahan, Gua Lowo, Gua Putuk Kursi, Air Terjun hingga Jungle Track. Kawasan ini juga terkenal dengan warung – warung lesehan di tepi jalannya. Tempat ini juga bisa untuk melepas penat dan mengisi perut yang keroncongan saat di perjalanan. Apalagi jika pesan makanan dan minuman hangat di tengah udara gunung yang dingin. 
 
Air Terjunya berada di belakang tulisan ini !!

          Warung – warung disini menyediakan aneka macam makanan, seperti rawon, cah kangkung, mie instan hingga sate ayam maupun kelinci. Kalau minuman ada wedang jahe yang bisa menghangatkan badan. Jika warungnya sedang ramai, maka mau tak mau kita harus menunggu cukup lama sampai pesanan kita tersedia.

Air Terjun Di Tepi Jalan
            Secara resmi, air terjun ini tak memiliki nama. Masyarakat sekitar hanya menyebutnya “Grojogan”. Sebenarnya air terjun ini merupakan sebuah sungai kecil yang mengalir di tepi jalan Sendi – Cangar.
            Semua kendaraan roda dua maupun roda empat bisa menjangkau tempat ini. Dengan suasana yang hijau dan sejuk, kawasan ini memang menjadi wisata alternatif bagi mereka yang ingin sejenak meninggalkan penatnya dan ramainya daerah Kota, apalagi tempat parkir di kawasan wisata ini cukup luas.
            Daerah Sendi ini memang berada di pertemuan tiga gunung, Gunung Anjasmoro, Gunung Welirang dan Gunung Arjuno, udara disini benar – benar dingin dan sejuk dengan pemandangan hijau dimana – mana.

            Dulu, air terjun disini bisa langsung terlihat dari jalan raya. Tapi, sejak tahun 2010, warga dilarang menebang tanaman disini, karena masuk ke dalam area Tahura. Jadinya, pohon bambu tumbuh subur disekitar air terjun dan menutupinya dari pandangan mata.



Air Terjun Pacet

          Secara keseluruhan, air terjun disini memang tidak besar, apalagi tidak bisa dibuat mandi, namanya juga dari sungai kecil di atasnya. Tapi, sejauh ini, Air Terjun Pacet ini merupakan air terjun yang paling mudah dijangkau, artinya, kita tidak perlu berjalan jauh untuk melihat dan menikmati air terjunnya (hanya dua – tiga langkah dari jalan raya). Jika luang, yuk main kemari, tempatnya sejuk, hijau dan banyak dijadikan sebagai tempat pacaran muda – mudi yang kasmaran

0 komentar:

Copyright © 2012 Halaman Indonesia.